Thursday, September 27, 2012

“BIG BANG” Politeknik Negeri Batam Lolos Menjadi Finalis Kontes Mobil Hemat Energi Tahun 2012



“BIG BANG” Politeknik Negeri Batam Lolos Menjadi Finalis
Kontes Mobil Hemat Energi Tahun 2012
Kontes Mobil Hemat Energi atau Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2012 merupakan kegiatan yang diadakan untuk menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit dan ramah lingkungan. Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh universitas/institut/politeknik di Indonesia yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh panitia.
Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2012 terdiri dari dua kategori:
1. Prototype: kendaraan roda tiga dengan energi pendorong fossil fuel. Kategori energi: bensin, solar, listrik.
2.  Urban Combustion: kendaraan roda empat berpendorong energi fosil yang tampilannya mirip mobil pada umumnya dan sesuai untuk on-road. Kategori energi: bensin, solar, listrik
Dunia otomotif di seluruh dunia saat ini dihadapkan pada masalah tingginya harga dan menipisnya bahan bakar minyak sebagai sumber energy primer kendaraan. Saat ini semua pabrikan otomotif di dunia berlomba-lomba untuk membuat produk otomotif yang  hemat bahan bakar dan atau menggunakan bahan bakar alternative selain minyak bumi. Keadaan ini seperti membuat semua produsen otomotif harus kembali ketitik nol di dalam pengembangan teknologinya.

Kondisi ini sangat ideal bagi bangsa Indonesia untuk terjun di dalam pengembangan teknologi otomotif terbaru yang hemat bahan bakar atau teknologi yang Dalam kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat penguasaan teknologi otomotif terbaru di Indonesia sehingga akan muncul teknologi-teknologi terbaru di bidang otomotif yang nantinya akan dapat digunakan untuk menghemat maupun menggunakan bahan bakar alternative. Selain itu diharapkan dengan adanya kompetisi kendaraan irit bahan bakar di Indonesia, nantinyawakil-wakil Indonesia akan bisa berbicara banyak di kompetisi Internasional dalam lomba sejenis. Hal ini berguna untuk mengangkat citra bangsa Indonesia di mata dunia internasional.
IEMC akan diselenggarakan pada 22-25 November 2012 di Kenjeran Park Sirkuit dan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Tahun ini bekerjasama dengan Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Diharapkan partisipasi dari seluruh universitas di seluruh Indonesia.
Tim Big Bang dari Politeknik Negeri Batam menunukkan prestasi yang luar biasa mampu lolos di Tahap I di kategori urban listrik. Di kategori ada 9 kampus yang lolos ke final. Politeknik Negeri Batam kini menjadi salah satu peserta yang di luar Jawa yang lolos. Pengumuman secara lengkap bisa di buka di www.dikti.go.id.
Sehubungan dengan telah selesainya penjurian Tahap 1 (Penetapan Finalis) proposal peserta  Kontes Mobil Hemat Energi “Indonesia Energy Marathon Challenge” (IEMC) Tahun 2012 dengan nama (terlampir) dinyatakan LOLOS sebagai finalis untuk mengikuti IEMC tahap selanjutnya (Final) yang akan berlangsung di Surabaya setelah melakukan pendaftaran ulang.
Formulir daftar ulang dapat juga diperoleh melalui website http://dikti.go.id, atau http://iemc.its.ac.id dan Sekretariat Panitia Pelaksana IEMC Tahun 2012, Ruang D201 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri , kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111.
Formulir daftar ulang yang telah diisi dikirimkan ke panitia IEMC Tahun 2012 paling lambat  5 Oktober 2012,  pukul 15.00 WIB, melalui Fax. +62- (031) 5922941 dan email iemc.2012.its@gmail.com. Jadwal Technical Meeting akan dikirimkan kemudian oleh panitia, Pengumuman ini seperti yang dirilis di website dikti. Politeknik Negeri Batam memohon dukungan dan doa restunya agar Tim Big Bang mendapatkan juara di ajang ini.

No comments: