Thursday, September 6, 2012

970 Mahasiswa Baru Mengikuti Pembukaan Masa Orientasi Akademik Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Batam Tahun 2012/2013


970 Mahasiswa Baru Mengikuti Pembukaan Masa Orientasi Akademik
Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Batam Tahun 2012/2013


(Batam, 5 September 2012). Setelah sekitar satu minggu para mahasiswa baru mengikuti Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOM) yang diselenggarakan oleh Panitia MOM dan BEM. Acara MOM saat ini banyak ditekankan untuk membentuk karakter mahasiswa yang lebih baik. Baik pembentukan disiplin dan motivasi mahasiswa. Untuk pembentukan disiplin maka MOM dilaksanakan di Yonif dan pembentukan motivasi dengan acara traning NLP dari Humanika Internasional.
Acara pembukaan ini turut mengundang seluruh orangtua dan wali mahasiswa baru di kampus, agar terjadi komunikasi yang baik antara pihak kampus dan orangtua, sehingga tujuan utama belajar di kampus Politeknik Negeri Batam bisa tercapai dan bisa mencetak SDM yang berkualitas.
Tahun ini Kampus Politeknik Negeri Batam menerima mahasiswa sekitar 970 Mahasiswa, baik kelas reguler dan karyawan. Pihak manajemen dan dosen turut hadir dalam acara ini. Direktur Politeknik Negeri Batam,  Bapak Dr. Priyono Eko Sanyoto, dalam sambutannya Mengucapkan selamat dating kepada seluruh mahasiswa baru dan seluruh orang tua dan wali mahasiswa di kampus Politeknik Negeri Batam.
Kita patut bangga dengan anak-anak kita karena bisa masuk di kampus negeri dengan fasilitas belajar yang lengkap dan hanya 26 % saja siswa di Indonesia yang bisa melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. Pemerintah sangat besar menganggarkan untuk subsidi di bidang pendidikan ini, untuk itu kita yang sudah keterima harus serius dan rajin agar tepat waktu dalam menempuh belajarnya, tegas Pak Eko.
Pemerintah terus meningkatkan angga partisipasi kasar pertahunnya dalam meningkatkan SDM Indonesia untuk itu diperkirakan setiap tahunnya harus ada 400 ribu mahasiswa baru yang masuk kuliah di perguruan tinggi di seluruh Indoensia, baik negeri maupun swasta. Kini syarat dosen harus S 2 maka Dosen Politeknik Negeri Batam juga banyak yang kuliah S 2 lagi baik di dalam negeri maupun ke luar negeri serta ada yang studi lanjut S 3 di Australia dan di UI.
Pak Eko menegaskan kami siap menjadikan putra-putri bapak dan ibu menjadi lebih baik, Dosen juga siap mendidik dengan pengetahuan dan keterampilan dan bisa menjadi lulusan yang siap diterima di dunia industri di Batam, Bintan, Karimun atau di Kepri, dan di dunia internasional.
Selanjutnya Pembantu Pudir I Bapak Ahmad Riyad Firdaus, MT menyampaikan materi tentang Peraturan Akademik yang ada di kampus ini. “Peraturan-peraturan ini dibuat bukan untuk membatasi mahasiswa namun dipakai untuk membentuk karakter mahasiswa yang lebih baik. Peraturan akademik ini bisa dibaca atau di download juga di website dan e-learning Politeknik Negeri Batam”, tegas Pak Rifi.
Sementara Ibu Arniati, M. Si, Ak, selaku Pembantu Direktur II bidang Administrasi Umum dan Keuangan menyampaikan materi tentang Keuangan dan Sarana. Kampus ini sudah menggunakan sistem informasi akademik, maka daftar ulang harus sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan kalau telat maka mahasiswa tersebut bisa tidak terdaftar di semester berikutnya, dan penggunakan e-learning juga tidak bisa diakses oleh mahasiswa yang telat daftar ulang tersebut. Pembayaran tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih harus pas sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan di setiap masing-masing jurusan. Terkait dengan sarana maka semua mahasiswa harus menjaga fasilitas dan sarana yang ada di kampus baik dari kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, bagi yang merokok harus di area yang telah ditentukan, dan yang merusak fasilitas kampus harus siap mengganti barang yag telah dirusakkan. Kampus kita terkenal dengan bersihnya oleh tamu-tamu dari luar baik dari Jakarta maupun tamu dari luar negeri maka kita harus jaga bersama, tutur ibu Arni.
Materi tentang Kemahasiswaan di sampaikan oleh Pembantu Direktur 3 bapak Ari Wibowo, MT, beliau menjelaskan tentang kegiatan ekstrakulikuler yang ada di Politeknik Negeri Batam. Ekskul ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan diluar jam kuliah yang berguna menampung, bakat, minat dan hobby mahasiswa kita. Politeknik mempunyai sekitar 11 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), ada Himpunan Mahasiswa di setiap jurusan (HIMA), ada Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Nanti juga akan diterbitkan transkrip keaktifan Kemahasiswaan (TAK) yang bisa bermanfaat buat nilai tambah saat melamar pekerjaan. Selain itu Pak Ari juga menyampaikan bahwa semua UKM harus bisa mengarah ke kompetisi di tingkat nasional. Terkair dengan beasiswa di Politeknik Negeri Batam sangat banyak kategori PPA dan BBM syarat dan informasinya bisa dilihat nanti di e-learning. Dan asrama saat ini daya tampungnya masih terbatas karena diprioritaskan mahasiswa yang menerima beasiswa bidikmisi semoga tahun depan mendapatkan dana untuk pembangunan asrama mahasiswa lagi, 
Selain itu juga perilaku mahasiswa harus baik tidak melanggar tata tertib mahasiswa dan tidak melakukan tindakan-tindakan kriminalitas. Karena sangsinya sangat berat bagi mahasiswa yang melanggar bahkan bisa dilaporkan ke pihak berwajib jika pelanggaran berkaitan dengan tindak pidana, tegas Pak Ari. 
Pembantu Direktur 4 Bidang Kerjasama, Bapak Muslim Ansori, SE, M. Ak., AK., CPA. Memberikan penjelasan tentang skema peminjaman biay akuliah bagi para mahasiswa yang di saat menjelang daftar ulang membutuhkan biaya. Mekanisme pemenijaman ini di keloloa oleh Koperasi Polibatam, karena jumlahnya terbatas maka ada proses seleksi yang akan mendapatkan peminjaman. Biaya ini otomatis akan ditransfer ke rekening Bendahara Penerimaan Politeknik Negeri Batam, tegas Pak Muslim.
Acara ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan para orang tua dan wali serta Mahasiswa baru. Diskusi ini banyak masukan dan kritik dalam penyelenggaraan MOM semakin lebih baik dari tahun ke tahun. Banyak pertanyaan juga tentang proses mengajukan beasiswa yang ada di Polibatam. Serta tentang layanan asrama Polibatam.
Diakhir acara ditutup dengan doa untuk mengawali acara orientasi akademik tentang simpol, e-learning, perwalian dosen bagi semua mahasiswa baru yang telah diatur oleh panitia. Dimalamharinya juga dilaksanakan acara yang sama untuk kelas karyawan. Selamat datang para mahasiswa baru tahuan ajaran 2012/2013 Politeknik Negeri Batam.

No comments: