Thursday, September 13, 2012

Politeknik Negeri Batam Kembali Memegang Sertifikasi ISO 9001:2008


Politeknik Negeri Batam Kembali Memegang Sertifikasi ISO 9001:2008
(Batam, 12 September 2012). Sejak tahun 2006 Politeknik Negeri Batam sudah mendapatkan sertifikat ISO. Tanggal 10-12 September 2012 ini kembali dilakukan Audit Re-sertifikasi ISO 9001-2008. Selama 3 hari, tanggal 10 – 12 September 2012, semua proses bisnis yang ada di Politeknik Negeri Batam di audit oleh URS lembaga yang menerbitkan seritifikasi ISO. Sertifikat ini menjadi nilai jual tersendiri, seperti yang disampaikan Direktur Politeknik Negeri Batam Bapak Priyono Eko Sanyoto, “Bahwa Politeknik Negeri di seluruh Indonesia masih dibawah 10 dari 30-an Politeknik Negeri di Seluruh Indonesia dan Politeknik Negeri Batam kembali memegang sertifikat ISO 9001-2008 adalah prestasi yang patut dipertahankan untuk menjaga kualitas, tegas Pak Eko.
Proses audit resertifikasi dari URS ini, dilakukan oleh auditor Juwita Rajagukguk kantor cabang Medan, beliau juga mengecek temuan-temuan di tahun lalu apakah sudah ditindaklanjuti atau belum dan mengaudit apakah ada temuan-temuan baru atau tidak yang akan menjadi catatan baik catatan ketidaksesuaian atau juga hanya sekedar saran (comment), ujar Ibu Juwita R.
Audit ini bukan melihat kekurangan yang ada di managemen tapi apa yang bisa dibantu oleh pihak URS kepada Polibatam demi meningkatkan mutu layanan. Setelah melakukan audit hasilnya bagus, hanya ada beberapa saran atau opportunity of improvement, saran-saran dari beberapa proses bisnis ini apabila dijalankan akan semakin meningkatkan kualitas layanan.
“Saran-saran yang telah disampaikan tersebut akan dikembalikan ke pihak Polibatam, untuk dijalankan demi kebaikan manajemen, tu harapan kami dari URS. Akhirnya Ibu juwita mengumumkan bahwa setelah mengaudit selama tiga hati ini, tanggal 10 – 12 September 2012 ini Politeknik Negeri Batam kembali memegang Sertifikat ISO 9001-2008 berlaku hingga 3 tahun ke depan”, ungkap Ibu Juwita R. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama tim yang baik selama audit dan memohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama proses audit tersebut berlangsung.
Di Akhir sambutan Pak Direktur menyampaikan ucapan terima kasih juga kepada teman-teman dengan semangat dan komitmennya untuk terus menjaga serta mempertahankan sertifikat ISO ini, dan audit internal dilaksanakan untuk mempersiapkan agar semakin siap menghadapi audit eksternal dari URS. Semoga semakin baik secara administrasi, menjadi Politeknik yang tidak sembarangan, pekerjaan tidak ada selesainya, semakin menantang, komplek, maka kita harus bisa menyelesaikannya. Dengan mengucapkan Alhamdulillah makan Audit Eksternal Resertifikasi ISO 901-2008 kita tutup,“ tegas pak Eko
Mempertahankan lebih sulit daripada memperolehnya, Selamat kepada Politeknik Negeri Batam telah mampu mempertahankan sertfikat ISO 9001-2008. Tentu saja prestasi ini hasil kerja keras semua pihak sivitas akademika Politeknik Negeri Batam. Dengan sertfikasi ISO Polibatam semakin administrasinya, dan menjadi institusi pendidikan tinggi negeri yang tidak sembarangan. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mempunyai ketrampilan yang siap diterima oleh industri. Sukses buat Politeknik Negeri Batam. Sebagai penutup ada sebuah pantun dari Bapak Ahmad Riyad Firdaus, MT, Pembantu direktur 1 sekaligus dalam audit ini sebagai Managemen Representatif (MR), sebagai berikut:
 
Tiga hari sudah waktu berlalu,
Begitu cepat terasa hari berganti
Resertifikasi ISO sungguh sangat ditunggu
Sistem mutu harus SELALU menyatu di dalam hati.

No comments: