Tuesday, September 4, 2012

Tim Gemastik Politeknik Negeri Batam Menuju Babak Semifinal Lomba Gemastik Kategori Piranti Cerdas


Tim Gemastik Politeknik Negeri Batam Menuju Babak Semifinal
Lomba Gemastik Kategori Piranti Cerdas
(Batam, 4 September 2012). Piranti Cerdas saat ini bukan hal yang asing di kehidupan kita di Indonesia. Piranti Cerdas ini sangat dekat dengan keseharian kita hal tersebut menjadi salah satu alas an diadakannya kompetisi di bidang Piranti Cerdas. Hal ini dibuktikan dengan begitu banyak perangkat-perangkat cerdas di sekitar kita, dimulai dengan smartphone yang dapat beradaptasi sesuai dengan kondisi sekitar saat itu, embedded device yang menyesuaikan tingkat pencahayaan ruangan sesuai dengan intensitas dari cahaya matahari yang masuk, atau sebuah kamera yang secara passive memonitor lingkungan dan akan, secara otomatis, mengirimkan gambar jika terjadi penyusupan.
Lomba Piranti Cerdas, pada Gemastik 2012, adalah mengkompetisikan piranti cerdas (smart device) yang dibangun oleh para peserta. Dalam lomba ini, sebuah piranti cerdas haruslah terdiri dari sebuah perangkat keras, inference engine, dan masukan dari sejumlah sensor (non standard input – keyboard & mouse). Peserta diwajibkan untuk membuat gambar desain, dan pada sesi final peserta-peserta yang terpilih harus menjelaskan secara detil aspek teknikal dari piranti cerdas tersebut, dan memberikan demonstrasi dari kegunaan piranti tersebut.
Adapun kriteria karya akan dinilai dari berbagai askpek (dan tidak terbatas) yaitu pada Kreativitas, Usability, Level dari teknikalitas. Setelah melewati tahap pendaftaran secara online dan tahap penyisihan secara online juga, Tim Gemastik yang diketuai oleh Kembali Muda dengan Smart-Home with Android berhasil lolos menuju babak Semifinal bersama 19 Tim lain dari kampus-kampus di seluruh Indonesia. Hasil tim-tim yang lolos bisa dilihat di http://gemastik.itb.ac.id/ShortlistPirantiCerdas20Besar.pdf
Di babak semifinal ini para tim diharuskan menyampaikan video demo dari karya yang dilombakan dan Berkas-berkas tambahan yang menunjukkan kemutakhiran dari karya tersebut. Pengumuman tim yang akan lolos ke tahap Final secara online pada tanggal 18 September 2012 dan akan dipilih 10 terbaik dari 20 tim. Dan babak final akan dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2012. Mohon doa restunya bagi seleuruh masyarakat Kepri dan seluruh sivitas akademika Polibatam tim Gemastik kita menjadi Juara Nasional yang bisa mengharumkan Kota Batam di kancah Nasional.

No comments: