Friday, September 21, 2012

Calon Wisudawan Politeknik Negeri Batam Mengikuti Seminar Etos Kreja



Calon Wisudawan Politeknik Negeri Batam Mengikuti Seminar Etos Kreja

(Batam, 18 September 2012). Calon wisudawan 2012 Politeknik Negeri Batam dari tiga program studi Akuntansi, Teknik Elektronika dan Teknik Informatika baik dari kelas reguler maupun kelas karyawan begitu semangat mengikuti seminar etos kerja pada hari Selasa, 18 September 2012 mulai jam 19.00 - 21.00 WIB. Acara yang digelar oleh bagian Alumni dan kerjasama Politeknik Negeri Batam ini bertujuan untuk memberikan bekal softskill kepada para wisudawan agar lebih siap di dunia kerja.
Bertempat di ruang seminar lantai 4 Politeknik Negeri Batam, Pak Ari Wibowo, MT selaku Pudir 3 memberikan sambutannya bahwa “Calon wisudwan silahkan memanfaatkan dengan baik acara ini, karena acara seminar ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sebentar lagi segera di wisuda yang akan direncanakan pada tanggal 6 Oktober 2012. Kita akan mendengarkan langsung dari para pimpinan perusahaan tentang kiat-kiat sukses di dunia kerja dan sikap kita di tempat kerja agar sukses di karir", tegas pak Ari.
Narasumber yang pertama memberikan materi tentang etos kerja yaitu Pak Gani, Direktur PT. Inforsys Indonesia, perusahaan yang bergerak di teknologi informasi dan software. Perusahaan yang sudah cukup berpengalaman di bidang IT Batam dan sudah mulai merambah ke nasional, Beliau menyampaikan “Etos kerja erat kaitannya dengan budaya kerja, budaya kerja ini akan sangat berbeda-beda tergantung perusahaannya. Namun untuk meraih sukses di tempat kerja pada dasarnya juga bagian dalam membentuk etos kerja”, ujar Pak Gani.
Beliau juga menyampaikan tips menjadi sukses di dunia kerja yaitu berani beda. Berani beda ini tentu saja sangat mudah misalnya kalau pada umumnya karyawan itu berangkat jam 8.00 kita harus berani beda dating lebih awal, dan pulangnya juga demikian berani beda pulang terlambat untuk mengerjakan tugas-tugas yang akan diselesaikan. Kesannya memang mencari perhatian namun kalau mencari perhatian dalam konteks posistif justru akan bagus, bisa merangsang karyawan lain berbuat yang lebih baik, tegas pak Gani.
Tips sukses yang lain yaitu bangun pagi, kita harus bangun pagi. Dengan bangun pagi kita sholat subuh bagi yang muslim bagi yang non muslim juga berdoa sesuai dengan kepercayaannya. Setelah itu kita berolahraga, dengan berolahraga kita akan mendapatkan energy yang lebih, semangat yang bisa bermanfaat ketika kita di tempat kerja.
Narasumber lainnya adalah bapak Widya, beliau selaku Manager Representatif PT. Samudra Oceaneering Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di Batu Ampar ini bergerak di bidang Oli & Gas. Banyak project-projectnya baik di di darat, laut maupun di udara. Perusahaan ini juga mensupport salah satu komponen pesawat NASA. Beliau menyampaikan bahwa ketrampilan atau skill di bidang elektrikal, mekanikal, dan robotika akan banyak diperlukan di industri kita.  Maka etos kerja yang diperlukan bagi yang mau join di perusahaan oil & gas adalah kemampuaan penguasaan skill dan penguasaan bahasa asing mutlak diperlukan, ujar pak Widya.
Acara yang dimoderatori oleh mahasiswa secara menarik, santai dan banyak sekali pengetahuan yang diperoleh langsung dari top manager di perusahaan-perusahaan, diharapkan para mahasiswa bisa belajar bagaimana etos kerja. Etos kerja ini akan menjadi modal selain nilai IPK kita saat melamar pekerjaan. Etos kerja seseorang akan menentukan juga sukses atau tidaknya mereka di di dunia kerja.

No comments: