Monday, September 10, 2012

Diskusi Dengan Pihak Industri dan Penutupan Acara Orientasi Mahasiswa Baru 2012


Diskusi Dengan Pihak Industri  dan Penutupan Acara Orientasi Mahasiswa Baru 2012

Acara diskusi dengan Industri ini untuk berbagi cerita tentang membangun karakter mahasiswa untuk sukses di dunia kerja. Kali ini para narasumber yang diundang dari indutrsi informatika dari PT. Inforsys Indonesia, industri manufacturing dari PT. Panasonic Shikoku Electronics Batam, oil and gas dari PT. Samudra Oceaneering. dan ada dari pihak perbankkan dari PT. Bank Negara Indonesia(Persero)Tbk.

Narasumber yang bertama berbagi cerita tentang meraih sukses dalam duni kerja yaitu Direktur PT. Inforsys Indonesia, Bapak Dani. Beliau memberikan tips kunci sukses dengan bangun pagi, lari pagi maka badan agar segar, semangatpun akan bertambah, selain itu tips sukses yang lain kita harus berbeda (dare to be different), berbeda ini yang positif tentunya dan dalam prestasi meski sedikit diatas rata-rata dengan karyawan lain, tegas pak Dani.

Narasumber berikutnya dari Manager HRD PT. Panasonic Shikoku Electronics Batam Bapak Abu menyampaikan bahwa kemampuan teknis menyumbang 30-40 % saja, sisanya 60-70 % kunci sukses adalam kemampuan non teknis. Kemampuan non teknis ini diantaranya adalah kemampuan interpersonal. Karakter yang baik itu datangnya dari diri sendiri, karakter yang kuat dalam diri kita itu menjadi kunci sukses juga dalam karir.

Selanjutnya Bapak Widya Indrajaya, Manager Representatif PT. Samudra Oceanering Indonesia, sebagai mahasiswa tugas utamanya untuk mencapai sukses adalah belajar yang rajin, mendapatkan nilai yang baik. Dan di era industrialisasi ini kemampuan dibidang teknik, mekanik, engineer, yang berkualitas mudah terserap industri. Dan lulusan Politeknik Negeri Batam setiap tahun, saya rekrut sebanyak 30-50 lulusan, tegas pak Widya mengakhiri presentasinya.

Narasumber dari Bank BNI , Bapak Heri Prasetya menyampaikan bahwa semangat untuk mencapai cita-cita jangan sampai padam, usaha mencapai cita-cita dengan kuliah secara rajin dan ikhlas, dan memerlukan perjuangan untuk mencapainya. Sebagai contoh akan bekerja di Bank maka kesuksesan itu tidak serta secara tiba-tiba mencapai sukses, namun mulai dari bawah. Pemimpin harus rela berkorban, mengerti kebutuhan hajat hidup orang banyak, terus belajar untuk menjadi pemimpin.

Dalam sesi diskusi banyak sekali pertanyaan dari para mahasiswa, bagaimana tips sukses, cara menjadi pemimpin, tips disaat semangat lagi down bagaimana cara membangkitkan kembali, dll. Semua masukan dari narasumber sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dikemudian kelak saat memasuki dunia kerja.

Acara berikutnya dilanjukan dengan acara penutupan Masa Orientasi Mahasiswa Baru tahun 2012 ini, ditutup oleh bapak Direktur Dr. Priyono Eko Sanyoto. Bapak direktur menyampaikan setelah mahasiswa baru ini mengikuti selama kurang lebih dua minggu acara orientasi baik dari senior maupun dari akademik maka seharusnya sudah siap untuk mengikuti perkuliahan minggu depan. Dengan semakin banyak mahasiswa baru tahun ini sekitar 970 mahasiswa maka sarana kelas juga banyak dibutuhkan. Mahasiswa diharapkan selalu menjaga kebersihan kampus, bagi yang merokok juga harus ditempat yang sudah ditetapkan, dikemudian hari kampus Polibatam mencanangkan kampus bebas asap rokok, tegas Pak Eko.

Kurikulum yang dibuat oleh Politeknik Negeri Batam sudah sesuai dengan kebutuhan pasar yang disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah. Maka dari dosen dan manajemen sudah siap mendidik para mahasiswa sejak tanggal 10 September 2012. Dengan mengucapkan Alhamdulillah, maka Orientasi Mahasiswa Baru Tahun 2012 dinyatakan ditutup, ucap Bapak Eko mengakhiri acara. Selamat bagi Mahasiswa Baru, selamat belajar raihlan cita-cita sukses secara akademik dan dalam karir.

No comments: