Monday, October 8, 2012

Wisuda X Politeknik Negeri Batam 2011/2012 ” "Hidup Mahir Untuk Kemandirian Dan Daya Saing Bangsa"



Wisuda X Politeknik Negeri Batam 2011/2012 ”
"Hidup Mahir Untuk Kemandirian Dan Daya Saing Bangsa"

(Batam, 06 Oktober 2012). Politeknik Negeri Batam menggelar acara Wisuda X tahun 2011/2012, sabtu 06 Oktober 2012. Tahun ini mengangkat tema “"Hidup Mahir Untuk Kemandirian Dan Daya Saing Bangsa". Digelar di Auditorium A lantai 2 Politeknik Negeri Batam, semua wisudawan/ti, senat, dosen, para undangan serta para orang tua turut hadir menyaksikan acara prosesi wisuda ini.
Dr. Priyono Eko Sanyoto dalam sambutannya menyampaikan, . Puji syukur bagi Allah SWT atas karunia-Nya berupa keberhasilan para Wisudawan/wati menyelesaikan pendidikan di Politeknik Negeri Batam. Seluruh sivitas akademika menyampaikan selamat, semoga bekal keterampilan berkualifikasi Ahli Madya dapat meningkatkan peluang Saudara untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik. Kepercayaan diri Saudara harus semakin kuat karena selain ijazah, Saudara juga dibekali Sertifikat Kompetensi. Pengakuan terhadap kualifikasi kompetensi Saudara berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) akan menjadi mudah. Ucapan selamat juga disampaikan kepada orang tua dan sanak saudara yang telah memberikan dukungan, baik moril maupun materiil. Wisuda merupakan tradisi untuk menandai telah berakhirnya seluruh tahapan proses pendidikan di perguruan tinggi. Namun, proses pembelajaran tidak mungkin berhenti, mengingat teknologi baru selalu muncul, seolah tanpa berhenti, untuk meningkatkan kesejahteraan manusia”
Selain itu beliau menyampaikan juga “Pengembangan Politeknik Negeri Batam sudah membuka program-program studi baru seperti Teknik Mesin (D3), Teknik Mekatronika (D4), Teknik Multimedia dan Jaringan (D4), Akuntansi Manajerial (D4), Administrasi Bisnis Terapan (D4). Ke depan politeknik juga diperbolehkan membuka program magister terapan, program doctoral terapan, bahkan bisa sampai gelar professor harapan kita”, tegas Pak Eko.
Politeknik Negeri Batam, tahun ini menerima beasiswa Bidikmisi (Beasiswa Pendidikan Miskin Berprestasi) sebanyak 110 mahasiswa. Semua mahasiswa ini ditanggung semua oleh pemerintah sampai lulus kuliah bahkan juga mendapatkan uang saku perbulannya. Untuk itu bagi masyarakat Kota Batam dan Kepri tidak alasan lagi untuk tidak kuliah karena bagi yang kurang mampu bisa mendaftar di jalur Bidikmisi dan yang berprestasi bisa jalur PMDK, dan biaya kuliah juga sudah menganut biaya kuliah tunggal sesuai dengan yang ditentukan oleh Kemendikbud. Bahkan pemerintah juga mendorong berdirinya akademi komunitas setingkat Diploma 1 dan Diploma 2, agar masyarakat Indonesia bisa menikmati Pendidikan Tinggi, dan Politeknik Negeri Batam siap membantu mensukseskan program tersebut, tegas Pak Eko.
Diakhir sambutan bapak Direktur berpesan agar segera menginformasikan secepatnya kepada kampus tentang informasi dimana para wisudawan/ti bekerja dan beliau menutup sambutan dengan 2 buah bait pantun yang cukup menarik.
Wisudan angkatan ke X ini dikuti sebanyak 250 wisudawan/ti dari 3 program studi Akuntansi, Teknik Elektronika, dan Teknik Informatika baik kelas reguler dan kelas karyawan. Ada hal ayang menarik saat pemberian penghargaan kepada para wisudawan terbaik tahun ini, pemberian sertifikat diberikat dengan menggunakan robot pesawat hasil karya mahasiswa Politeknik Negeri Batam.
Wisuda ini juga dihadiri wakil dari perwakilan Gubenur Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Bapak, Yatim Mustafa dan mewakili walikota Batam dihadiri oleh bapak Muslim Bidin Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam. Dalam sambutannya Bapak Yatim Mustafa, menyampaikan, “Salam dan selamat dari Bapak Gubenur kepada para wisudawan/ti dan seluruh orang tua yang saat ini putra dan putrinya di wisuda. Jerih payah orang tua untuk membiayai kuliah hingga lulus wisuda”. Belia juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa bahwa “mahasiswa harus bisa learning by doing, dan bisa bermanfaat bagi kemaslahatan orang banyak, tegas bapak Yatim.
“Selain berpengetahuan mahasiswa juga harus bermoral, atau be learning be morality. Dengan moral kita bisa memanfaat ilmu pengetahuan kita yang telah dita dapat di bangku kuliah dengan sebaik-baiknya, Politeknik Negeri Batam sebagai pendidikan vokasi, yang siap mencetak lulusan berkompeten bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kepri. Prestasi Politeknik Negeri Batam sudah terbukti banyaknya prestasi-presatasi yang telah mengharukan Kepri dan Indonesia, harus ditinggkatkan seta tetap bisa dipertahankan. Untuk itu Pemerintah Kepulauan Riau tahun ini akan memberikan beasiswa sebanyak 50 mahasiwa Politeknik Negeri Batam”, tegas beliau.
Selain acara sakral pemindahan kuncir toga yang ditunggu-tunggu oleh wisudawan/ti, ada sesi hiburan yang ditampilkan oleh panitia wisuda tahun ini, yaitu dengan lagu yang dibawakan oleh mahasiswa baik lagu  barat maupun lagu dangdut, ada juga tari melayu kreasi yang dipersembahkan oleh UKM Kuas untuk menghibur para wusudawan/ti serta tamu undangan.
Namun ada yang spesial dari wisuda-wisuda sebelumnya kali ini juga turut menghadirkan Bapak Wakil Presiden Republik BBM, Bapak Jarwo Kuat yang memberikan orasi ilmiah dengan gaya humor namun tetap ilmiah. Orasi ilmiah yang jenaka tentang wisuda dan tentang kehidupan kampus dan dunia politik menjadi hiburan yang segar pada acara wisuda ini.
Acara diakhiri dengan foto bersama masing-masing program studi. Sekali lagi wisuda merupakan babak awal bagi wisudawan di dunia nyata, terus belajar dan belajar, dan sekali lagi selamat kepada semua wisudawan/ti Politeknik Negeri Batam angkatan X, sukses buat kalian.

No comments: