Tuesday, October 30, 2012

Tuliskan Harapanmu Sebagai Pemuda Indonesia



Tuliskan Harapanmu Sebagai Pemuda Indonesia

Pada hari 28 Oktober semua bangsa Indonesia kembali diperingati hari Sumpah Pemuda. Hari Sumpah Pemuda merupakan tonggak penting dalam sejarah Indonesia yang menggambarkan Kesatuan dan Persatuan Kebangsaan. Melalui hari Sumpah pemuda ini kita mengenal ikrar :
Pertama
Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedua
Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putera dan puteri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Batam, menyelenggarakan kegiatan yang unik untuk memperingati Sumpah pemuda, bertempat di lobby kampus Politeknik Negeri Batam, pada hari Senin 29 Oktober 2012, kegiatan ini adalah dengan mengantungkan kertas-kertas kecil yang tersusun dan diikatkan di sepanjang tiang lobby. Tuliskan Harapanmu Sebagai Pemuda Indonesia, salah satu tulisan yang menghimbau kepada para mahasiswa-mahasiswai untuk menuliskan harapannya di secarik kertas yang menggantung tersebut. Tulisan ini adalah buah ide para mahasiswa yang mereka tuliskan untuk bisa di baca oleh para mahasiswa lainnya. 
Pemuda Indonesia adalah pemuda yang mampu melestarikan budaya Indonesia, Tulisan yang lain adalah Berikan aku 10 Pemuda maka aku akan goncang dunia, tulisan yang cukup besar yang tertempel di salah satu tiang di lobby.  Tulisan yang berisi ajakan dan membakar semangat pemuda-pemudi ini harus senantiasa dikobarkan bukan hanya di hari Sumpah pemuda saja namun setiap hari. sebagai mahasiswa kita juga harus mensukses ikrar yang sudah dilakukan oleh seluruh pmpinan perguruan tinggi milik pemerintah dan swasta seluruh Indonesia tentang "Anti Kekerasan di Lingkungan Perguruan Tinggi".
Harapan-harapan yang dituliskan oleh para mahasiwa/wi cukup beragam harapan sebagai mahasiswa ataupun peran sebagai pemuda yang lebih luas, namun harapan-harapan itu mungkin hanya secarik kertas yang dibaca oleh mahasiswa lain tetapi juga bisa menjadi sebuah inspirasi yang bisa kita wujudkan kita sebagai generasi muda penerus dan pengisi kemerdekaan Indonesia saat ini. Selamat hari Sumpah Pemuda, kepada semua pemuda-pemudi Indonesia.

No comments: