Monday, October 8, 2012

Sekapur Sirih Wisuda X Politeknik Negeri Batam 2011/2012



Assalamualaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Puji syukur bagi Allah SWT atas karunia-Nya berupa keberhasilan para Wisudawan/ wati menyelesaikan pendidikan di Politeknik Negeri Batam. Seluruh sivitas akademika menyampaikan selamat, semoga bekal keterampilan berkualifikasi Ahli Madya dapat meningkatkan peluang Saudara untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik. Kepercayaan diri Saudara harus semakin kuat karena selain ijazah, Saudara juga dibekali Sertifikat Kompetensi. Pengakuan terhadap kualifikasi kompetensi Saudara berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) akan menjadi mudah. Ucapan selamat juga disampaikan kepada orang tua dan sanak saudara yang telah memberikan dukungan, baik moril maupun materiil.
Wisuda merupakan tradisi untuk menandai telah berakhirnya seluruh tahapan proses pendidikan di perguruan tinggi. Namun, proses pembelajaran tidak mungkin berhenti, mengingat teknologi baru selalu muncul, seolah tanpa berhenti, untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Oleh karena itu, kemauan dan kemampuan belajar harus tetap dimiliki. Bahkan mungkin perlu ditingkatkan, agar tidak tertinggal oleh pesatnya kemajuan teknologi dan berbagai aspek kehidupan lainnya. Perlu diingat, proses globalisasi telah membuat persaingan semakin ketat. Kemenangan hanya bisa diraih jika bekal pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas mencukupi.
Guna meraih keterampilan yang kualifikasinya lebih tinggi, Politeknik Negeri Batam telah membuka beberapa program studi berjenjang Sarjana Terapan.Terbuka lebar kesempatan bagi Wisudawan/wati untuk kembali menimba ilmu dan keterampilan lebih tinggi guna memenuhi kualifikasi yang diperlukan dunia kerja di kawasan investasi Batam, Bintan, dan Karimun (BBK), maupun ditempat lain. Bahkan, sesuai isi Undang-undang Pendidikan Tinggi, sekarang Politeknik juga akan diberi wewenang menyelenggarakan pendidikan Magister Terapan, S2 (T), dan Doktor Terapan, S3 (T). Jalur pendidikan vokasi yang telah Saudara tempuh dapat dilanjutkan hingga jenjang tertinggi di Politeknik.
Sebagai lembaga pendidikan vokasi yang harus menghasilkan lulusan terampil dan kreatif sesuai kualifikasi industrl, Politeknik Negeri Batam akan terus berkiprah. Kebutuhan tenaga kerja terampil berkualifikasi Ahli Madya, Sarjana Terapan, Magister bahkan Doktor Terapan akan semakin meningkat.
Untuk itu, Politeknik Negeri Batam akan terus menigkatkan kualitas dan kuatitas sarana pendidikan yang modern sesuai dengan perkembangan industri. Tahun ini sedang dibangun teaching factory untuk manufaktur mikro elektronika, seperangkat mesin dan peralatan lengkap layaknya sebuah pabrik. Mahasiswa akan belajar sekaligus bekerja mulai dari proses perancangan, pabrikasi, sampai dengan penjualan produk sehingga akan terbangun karakter dan kompetensi yang utuh.
Semoga Allah selalu merakhmati upaya baik dan melindungi kita semua.


WassalamualaikumWr. Wb.


Priyono Eko Sanyoto
Direktur

No comments: