Tuesday, October 23, 2012

Kunjungan & Sosialisasi dari Campus France Indonesia



Kunjungan & Sosialisasi dari Campus France Indonesia
Politeknik Negeri Batam mendapatkan tamu istimewa dari Campus France kedutaan Perancis di Indonesia. Kunjungan ini sebagai untuk mempromosikan kepada para mahasiswa tingkat akhir dan dosen atau staff untuk melanjutkan kuliah di Perancis baik untuk studi S1, S2, S3 atau paska doktoral. Program-program yang ada di Negara perancis sangat lengkap dan dengan biaya yang yang ringan karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.
Kegiatan ini saat kunjungan dilakukan pada hari Kamis, 18 Oktober 2012 berada di Ruang rapat lantai 3 dan sosialisasi di ruang seminar lantai 4 Gedung Politeknik Negeri Batam. Pembantu Direktur 4 Bidang Kerjasama, Bapak Muslim Ansori, SE, M. Ak., CPA memberikan sambutan bahwa, “Selamat dating di kampus kami dasn Kami menyambut baik dengan sosialisasi ini, semoga dosen-dosen ataupun mahasiswa bisa melanjutkan studinya di Prancis, untuk melatih dalam hal berbahasa Prancis, kami siap memfasilitasi terbentuknya France Corner.”
“Program France Corner kalau terwujud bisa menjadi tempat untuk belajar bahasa Prancis, kebudayaan, film-film tentang Prancis, dengan program-program ini diharapkan semakin cepat dalam menguasai bahasa Prancis, ujar Pak Muslim.
Di sesi presentasi koordinator Konsultasi dan Administrasi Campus France Indonesia di wakili oleh Mini Riandini, “kenapa kita harus melanjutkan studi di Prancis?. Biaya kuliah yang terjangkau karena ada subsidi dari pemerintah, kotanya indah, bangunan-bangunan bersejarah banyak, banyak kemudahan-kemudahan untuk pelajar baik diskon transportasi, makan di kampus, nonton bioskop, masuk museum, ada partime job, ada program magang, ada juga summer job semua hak itu hanya dimiliki oleh pelajar di Prancis baik pelajar Prancis sendiri maupun dari luar Prancis. Selain itu jurusan nya juga banyak, Prancis terkenal sebagai Negara romantis, banyak istana-istana, tempat kulinernya bagus dan enak-enak makanannya. Makanan halal juga sudah banyak karena Prancis sebagai Negara Eropa terbanyak yang memeluk agama Islam. Dan tentu saja ini yang lebih menarik karena Negara ini berbatasan darat dengan Negara lain misalnya Spanyol, ke Belanda juga dekat, Italia,”, tutur Mini.

“Biaya pendidikan di Prancis dibayar pertahun karena tidak menganut sistem biaya per sks masa kuliah juga lebih cepat S 1 hanya 3 tahun S2 lama studinya 2 tahun. Untuk biaya kuliah S 1 di kampus pemerintah sangat murah sekitar 200 uero/tahun atau sekitar 2, 4 juta saja dan untuk S 2 sekitar 245 uero atau sekitar 3.8 juta. Biaya hidup di Prancis juga murah kecuali kota Paris. Pemerintah sangat peduli kepada dunia pendidikan karena itu banyak subsidi kepada pelajar-pelajar. Prancis Negara yang menganut Liberte, Egalite, dan Fraternite, jadi ada persamaan perlakuan kepada pelajar meskipun pelajar dari luar Prancis, serta Negara ini juga mementingkan penelitian dan riset-riset ”, tegas Mini.
Bagi para mahasiswa Politeknk Negeri Batam yang berminat melanjutkan studinya ke Prancis harus mampu menguasai bahasa Prancis, hal itu yang harus perjungan dan banyak berlatih. Untuk kursus bahasa Prancis juga sangat terjangkau dan bagi calon mahasiswa yang sudah lulus ujian bahasa Prancis Delf B2 bisa melanjutkan studinya, dan penerimaan kuliah di Prancis juga tidak ada ujian tertulisnya hanya syarat-syarat formal ijazah dan dokumen pendukung lainnya.
Diakhir solialisasi ada sesi dialog dengan para mahasiswa terkait dengan studi di Prancis ini, banyak para mahasiswa yang lebih tertarik melanjutkan studi ke Prancis setelah mendengar sosialisasi ini. Semoga acara ini terus berlanjut secara regular dan segera terwujud France Corner di Politeknik Negeri Batam untuk mempermudah mahasiswa belajar bahasa Prancis dan kebudayaan Prancis di Kota Batam dan Kepulauan Riau pada umumnya.

No comments: