Thursday, November 29, 2012

Politeknik Negeri Batam Adakan Outbound Seluruh Staff dan Dosen di Palmspring Golf & Beach Resort


Politeknik Negeri Batam Adakan Outbound Seluruh Staff dan Dosen
di Palmspring Golf & Beach Resort

Acara tahunan yang digelar oleh bagian kepegawaian Politeknik Negeri Batam ini sebagai sarana untuk refreshing dan setelah penat bekerja selama setahun. Acara tahun ini diadakan di Palmspring Golf & Beach Resort. Acara yang diseting di luar ini untuk membuat acara lebih menyenangkan, dengan suasana baru di tepi pantai.
Kegiatan Outbound Training dilakukan di alam terbuka, ini akan membuat kegiatan outbound menjadi lebih menyenangkan dan juga penuh tantangan, sehingga karyawan Politeknik Negeri Batam yang mengikuti kegiatan outbound tidak merasa tertekan dan jenuh dengan pekerjaan rutin.
Outbound Training adalah satu pelatihan yang dimaksudkan untuk membangun semangat kebersamaan dan kekompakan dalam kelompok/team dari satu organisasi, lembaga atau perusahaan.
Tahun ini acara outbound ini menggandeng EO Batam Adventure Club (BAC). Tahun ini jumlah peserta yang ikut outbound semakin banyak karena jumlah karyawan juda semakin banyak dan banyak keluarga baru yang telah menikah serta sudah mempunyai anak.
Pembantu Direktur 2 Bidang Administrasi Umum & Keuangan Ibu Arniati, M.Si, Ak, CPA , memberikan sambutan, “Acara tahunan ini sebagai salah satu media yang di adakan bagian Kepegawaian untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga besar Politeknik Negeri Batam, semoga dengan acara Outbound ini kita refreshing dan bersenang-senang, besok hari Senin lebih segar dan semangat untuk beraktifitas, dan semua peserta semoga bisa mengikuti semua kegiatan yang telah direncanakan karena pasti akan ada manfaatnya.”
Bapak Ucok mewakili BAC memberikan motivasi bahwa “Tujuan kita berkumpul disini adalah untuk Bersenang-senang, maka sejenak kita lupakan pekerjaan di kantor kita bersenang-senang dengan permainan yang telah kami rancang dengan tim, dan selamat mengikuti acara Outbound ini.”
Acara outbound ini dibagi menjadi beberapa tim yang semuanya menggunakan nama binatang diantaranya yaitu nama kupu-kupu, marmot, jangkrik, tengu, panda,dll.
Uniknya pembagian tim ini dilakukan dengan secara acak dengan sebuah permainan “mutiara dan kerang”. Permainan ini mengasah respon cepat kita adan adaptasi yang cepat sesuai dengan kondisi yang ada sebagai ilustrasi adanya badai, gelombang dan tsunami.
Permainan outbound ini diantaranya adalah roda gila, blind train, dan menjinakkan bom. Dari permainan ini banyak sekali kisah lucu dari masing-masing tim yang sedang mengikuti acara ini ada yang berhasil dan ada yang tidak bisa menyelesaikan permainan ini. Pihak panitia atau EO juga memberikan penilaian yang akan digunakan untuk menentukan siapa juara dari permainan outbound ini.
Akhirnya pada tahap pengumuman tim yang mendapatkan juara yaitu juara 1 tim Tengu, Juara 2 Tim Kupu-kupu, dan Juara 3 tim Beruang.
“Melalui permainan ini kita bisa belajar, perencanaan yang baik , komunikasi antar anggota dan ketua dengan anggotanya, leadership atau kepemimpinan, trust terhadap pemimpin. Semoga bisa bermafaat untuk kita semua untuk menghadapi dunia kerja yang sesuangguhnya tentu saja ilustrasi ini tidak sesederhana kepada kenyataannya, namun melalui permainan-permainan yang telah kita lalaui tersebut kita bisa belajar banyak, dan sesuai dengan tujuan bersama kita untuk bersenang-senang dengan acara outbound ini”, ujar pak Ucok.
Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama, permainan dengan anggota keluarga, pembagian doorprice bagi karyawan yang diundi secara acak yang cukup banyak hadiahnya diantaranya, TV LCD, tablet, kamera digital, Ipod, HP, jam tangan, tas, tupperware, sprei, setrika, magic com, dll. Hadiah ini ada yang dari sponsor dan ada dari kampus. Meskipun diundi namuan semua peserta yang mengikuti mendapatkan doorprice. Semoga acara tahunan ini senantiasa bisa diadakan dengan acara yang lebih seru, menyenangkan, dan doorprice yang lebih besar dan banyak. Tentu saja tujuan utama untuk outbound juga tercapai, menjadikan tim Politeknik Negeri Batam semakin kompak untuk mencerdaskan anak bangsa di kawasan terdepan di Kota Batam.

No comments: