Wednesday, November 21, 2012

Robot Barelang Politeknik Negeri Batam Sang Juara Sejati "Juara 2 Nasional KRI Tahun 2012"

Robot Barelang Politeknik Negeri Batam Sang Juara Sejati
"Juara 2 Nasional KRI Tahun 2012"
“Sang Juara Sejati” Ungkapan ini sangat layak disandangkan kepada Tim Robot Barelang 5.2 , saat lomba Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2011 kita dianggap sebagai tim yang beruntung karena bisa mengalahkan juara bertahan yang sudah berkali-kali tidak terkalahkan yaitu Pens-ITS. Tim Barelang 5.2 Tahun 2012 juga bisa mampu mebuktikan kepada kampus-kampus lain, bahwa kampus yang di daerah terdepan ini mampu membuktikan pada tahun 2012 ini mampu masuk ke grandfinal KRI tingkat Nasional 2012 di ITB Bandung, pada tanggal 30 Juni 2012 – 1 Juli 2012.
Direktur Politeknik Negeri Batam, tak sanggup menahan haru dan bangga atas prestasi para mahasiswa yang meraih juara kedua Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Juara Ketiga pada Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Robo Soccer Humanoid League (RSHL), serta juara desain terbaik kategori KRI. Pak Eko, begitu sapaan akrabnya juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 mahasiswa Tim Robot Politeknik Negeri Batam yang telah mengharumkan Nama Kota Batam di bidang intelektualitas khususnya dibidang Robotika di tingkat Nasional.Nasional. Event tahunan ini kali ini di ikuti oleh sekitar 50 tim dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Indonesia.
Tahun ini Politeknik Negeri Batam mengikuti dua divis, begitu yang dipaparkan oleh Pembantu Direktur Bidang kemahasiswaan Muhammad Zaenuddin, M.Sc. Para Dosen pembimbing juga turut hadir memberikan semangat kepada para mahasiswa, Bapak Susanto, Adytia Darmawan untuk divisi KRI dan Koordinator mahasiswa Taufik, pembimbing untuk KRCI RSHL oleh bapak Sumantri dan koordinattor mahasiswa Rinaldi, seperti yang di tuturkan pak Zaen.
Sayangnya, ada sedikit cerita kekecewaan dari Tim KRI Politeknik Negeri Batam. Pada babak final kata Susanto dan Adytia Tim kita berhasil menyelesaikan lomba dalam waktu 1 menit 20 deitik, sementara ITS menyelesaikan waktu 2 menit 1 detik, dari sisi waktu kita jauh lebih cepat. Finalti yang dilakukan Barelang diperhatikan betul, sementara finalti yang dilakukan oleh ITS tidak ditanggapi sama sekali oleh juri/ wasit. Pada akhirnya entah kenapa ketika penilaian final, juri langsung memutuskan ITS sebagai juara satu tanpa ada rapat dengan juri-juri yang lain. Sontak Tim Barelang protes harusnya dewan juri melihat detik demi detik rekaman perlombaan dulu, seperti tim robot yang mendokumentasikan juga.
Jujur seharusnya Tim Barelang 5.2 sebagai Juara KRI Nasional, Sebagai tim juara sejati adalah tim yang akhirnya mau mengakui keputusan dewan juri, Juara yang tahun 2011 kita pecahkan dari Pens-ITS sudah kita buktikan tahun ini kita layak sebagai tim yang berkelas yang mampu mempertahankan sebagai tim Robot yang handal mampu mengalahkan tim-tim robot dari UGM, Pens-ITS serta ITS, meski mahkota juara belum berpihak kepada kita. Sportifitas sedikit tercoreng namun “Barelang 5.2 masih sang juara sejati “. Sukses di tahun mendatang dan tetap semangat Tim Robot Politeknik Negeri Batam.

No comments: