Friday, December 21, 2012

UPT Penjaminan Mutu Polibatam Gelar Inhouse Training ISO 9001:2008 Bagi Pejabat Struktural, Dosen, dan Staf Baru



UPT Penjaminan Mutu Polibatam Gelar Inhouse Training ISO 9001:2008
Bagi Pejabat Struktural, Dosen, dan Staf Baru


Sertifikat ISO 9001 ini sudah  diperoleh Politeknik Negeri Batam sejak tahun 2006. dengan komitmen dan perjuangan yang luar biasa untuk memperoleh sertifikat ISO tersebut. Sertifikat ISO 9001:2008 ini tetap bisa dipertahankan meski status Polibatam sudah menjadi perguruan tinggi negeri.

Mengingat betapa pentingnya sertifikat ISO ini maka UPT Penjaminan Mutu (UPT PM)  Polibatam mengadakan acara Inhouse training tentang ISO 9001:2008 kepada pejabat struktural, dosen dan staf yang baru.

Training ini sebagai media untuk mengobarkan komitmen kepada seluruh staf yang kebanyakan staf baru yang ada di Polibatam untuk bersama-sama tetap menjaga dan melaksanakan sistem ISO yang telah kita peroleh. Bertempat di ruang seminar lantai 4 Polibatam, selama 2 hari acara training ini dilaksanakan. Hari pertama training untuk para pejabat struktural dan hari kedua dilaksanakan bagi dosen dan staff baru di Polibatam.

Direktur Politeknik Negeri Batam Bapak Eko dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Acara ini sebagai penyegaran ISO 9001:2008 untuk dosen dan staf semoga bermanfaat untuk institusi kita. Sistem yang baik mempunyai kreasi yang baik, dan mempunyai kepercayaan yang baik juga, maka kita harus percaya bahwa ke depan tantangan kita lebih menantang dan kita senantiasa dituntut untuk meningkatkan kualitas sistem yang baik. ISO 9001:2008 sudah di tangan mari kita berkomitmen untuk menjalankan dan mempertahankannya”.

“Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim, maka acara training ini saya nyatakan dibuka dan selamat mengikuti training ini semoga bermanfaat bagi kita dan institusi kita”, ucap Pak Eko membuka acara ini.

Acara selanjutnya diadakan foto bersama kepada seluruh peserta dengan bapak direktur dan narasumber. Acara langsung dilanjutkan ke acara inti tentang inhouse training ini. Narasumber training ini oleh bapak Zulkifli Nasution, beliau sebagai konsultan dari Sintegral Training and Consulting, Jakarta.

Training ini mengupas secara mendalam tentang apa itu ISO, jenis-jenis ISO, Standar ISO, dan isi tentang ISO yang telah dimiliki oleh Politeknik Negeri Batam sejak 6 tahun yang lalu yaitu ISO 9001:2008. Sertifikat ISO yang paling laku dan popular di dunia yaitu ISO 9001.

Bapak Zulkifli Nasution menyampaikan bahwa “ISO 9001 ini mengatur aturan kerja yang mengacu pada ISO standar yang baku dan aturan yang baku untuk memuaskan pelanggan. Polibatam selangkah lebih maju karena sudah memilikinya, dan kampus yang memilki ISO ini belum banyak. Sebagai insitusi pendidikan maka proses bisnis utamanya adalah belajar mengajar. Dengan sertifikat ISO maka semua proses bisnis tersebut akan terdokumentasikan dengan baik.”

Persyaratan ISO ada sekitar 200 persyarakatan, namun secara utama bisa dibagi menjadi proses utama, proses pendukung dan proses menajemen. Secara detail narasumber memberikan penjelasan tentang ISO 9001 secara mendalam, selain itu ada sesi tanya jawab, peserta bias secara langsung bisa menanyakan kepada pakarnya, tentang berbagai permasalahan seputar ISO 9001:2008.

Acara yang digagas oleh UPT PM Polibatam ini diharapkan bisa bermanfaat untuk menjaga komitmen bersama kita untuk tetap menjalankan dan mempertahankan sertifikat ISO ini demi menjaga kualitas pelayanan kampus tercinta kita Politeknik Negeri Batam.





No comments: