Tuesday, February 12, 2013

Sosialisasi PMB Polibatam dan Try Out Tahap Pertama Diikuti oleh 821 Siswa



Sosialisasi PMB Polibatam dan Try Out Tahap Pertama Diikuti oleh 821 Siswa
 

Politeknik Negeri Batam sebagai Perguruan Tinggi pertama di Batam yang berstatus negeri  mengadakan acara sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2013 dan Try Out Ujian Nasional (UN) secara gratis di seluruh sekolah yang ada di Kepri. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para siswa/wi yang duduk di kelas XII baik di SMK maupun SMA terkait dengan penerimaan mahasiswa baik jalur PMDK, UjianUMPB, UMPN, dan program bidikmisi. 

Acara try out ini tanpa dipungut biaya apapun. Bahkan acara Try Out yang diadakan di Batam akan diberikan door price, snack, makan siang. Berdasarkan informasi dari ketua panitia Bapak Heru, bahwa “Try out ini akan dilaksanakan di Kota Batam di Kota batam saja dibagi menjadi beberapa tahapan karena banyak sekolah yang ada, Tanjungpinang, Karimun, Tanjung Batu dan beberapa daerah lain di Kepri”.

Pada Tahap pertama dilakukan pada hari Sabtu, 9 Februari 2013 yang diikuti oleh sekolah-sekolah yang berada di daerah Sekupang, Batu Besar, dan di Pulau Bulu. Sekolah yang ikut diantaranya yaitu SMA N 1 Batam, SMA Islam Terpadu Al-Kautsar, SMKN 6, SMKN 4, SMAN 15, SMK Multistudi High School, SMA 11 pulau bulu. Total peserta tahap pertama ini diikuti 821 peserta.

Pagi-pagi para siswa sangat bersemangat untuk mengikuti acara ini terbukti dengan banyak nya peserta yang datang lebih awal. Untuk  mengawasi apakah siswanya benar-benar mengikuti ada beberapa guru dari sekolah yang turut datang memantau para siswanya.

Sekitar jam 08.00 pagi acara sosialisasi dimulai bertempat di aula lantai 2 gedung Polibatam. Acara sosialisasi kali ini disampaikan oleh bapak Bambang Hendrawan, ST, MSM selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAAKP), yang menjelaskan seputar Politeknik Negeri Batam, Fasilitas yang ada, prestasi-prestasi yang telah diraih Polibatam,  jurusan dan program studi yang ada di Polibatam, biay akuliah sistem Uang Kuliah Tunggal, serta banyaknya program beasiswa yang ada di Polibatam. 
 
"Sekarang pendaftaran bisa secara online di http://registrasi.polibatam.ac.id jadi para pendaftar tidak harus datang ke kampus menyerahkan formulir, pendaftaran ini secara gratis", tegas pak Bambang.

Ada yang menarik saat sesi dialog salah satu siswa menanyakan satu alasan apa kenapa kami harus mendaftar di Polibatam? Tentu saja hal ini mendapatkan tepuk tangan yang banyak dari siswa yang datang di acara ini. Kemudian bapak Bambang menjawab bahwa, “Satu alasan kenapa anda memilih Polibatam karena Politeknik Negeri Batam berkomitmen terhadap kualitas pendidikan, karena kualitas kampus kita tidak kalah dengan kampus lain yang ada di Jawa.”

Setelah acara diskusi acara dilanjutkan dengan ujian Try Out, kali ini di bagi dalam beberapa kelompok diantaranya SMA IPA, SMA IPS, SMK Teknik, SMK Non Teknik yang terbagi menjadi sekitar 18 kelas yang tersebar di kelas-kelas dan laboratorium komputer di gedung utama. 

Hasil pantauan para siswa sangat serius mengerjakan sola-soal yang terdiri dari mata pelajaran yang akan di ujiankan di UN dengan jumlah soal sebanyak 60 soal dan waktu ujian selama sekitar 1 jam. Setelah ujian bagi siswa yang akan mendaftar difasilitasi untuk pendaftarana online di laboratorium komputer secara gratis. 

Hasil ujian ini nanti akan diumumkan di website Politeknik Negeri Batam di www.polibatam.ac.id. Jadi para siswa akan melihat sejauh mana hasil try out kemarin dan bisa meningkatkan belajar untuk kesuksesan mengikuti Ujian Nasional (UN) ke depan.

Setelah para peserta selesai try out dan pendaftaran online dilanjutkan dengan pembahasan soal. Pembahasan soal kali ini bekerja sama dengan Primagama. Para tentor menjelaskan bagaimana menyelesaikan soal-soal dengan metode biasa dan smart solution program dari Primagama.

Setelah pembahasan soal di pandu oleh pembawa acara Chici dan Ismi dilanjutkan dengan acara pembagian doorprice kali ini ada sekitar 20 Flasdisk dan 1 buat Handphone Samsung Charm. Begitu senang dan antusias sekali para peserta untuk mengikuti acara pembagian door price kali ini mereka  saling beradu cepat menjawab pertanyaan door price. Adapun siswa yang beruntung mendapatkan doorprice utama sebuah handphone Samsung Charm dari SMA N 1 Batam.

Acara try out serupa juga akan digelar secara berkala pada hari Sabtu dan Minggu di bulan Februari sampai bulan Maret 2013. Sehingga seluruh SMA di Kota Batam, Tanjungpinang dan Karimun bisa mengikuti acara try out dan sosialisasi PMB Polibatam 2013.

Semoga dengan acara sosialisasi ini anak-anak Kepri semakin banyak yang berkuliah di Politeknik Negeri Batam dengan memilih jalur-jalur yang ada baik Jalur UMPB/ Jalur Ujian, Jalur UMPN, Jalur PMDK Prestasi, PMDK UN, dan Bidikmisi. Politeknik Negeri Batam menjadi pilihan tempat berkuliah yang berkualitas bagi siswa-siswi di Kepri dan majulah pendidikan di daerah Kepulauan Riau.


No comments: