Monday, January 14, 2013

Polibatam Mendapatkan Kunjungan Dari Politeknik Negeri Jember

Polibatam Mendapatkan Kunjungan Dari Politeknik Negeri Jember


Di awal tahun 2013 ini Polibatam mendapatkan kunjungan dan studi banding dari Politeknik Negeri Jember (Polije) dan empat akademi komunitas yang di bawah bimbingan dari Politeknik Negeri Jember. Kunjungan kali ini berkaitan tentang Statuta, OTK, Renstra, dan SPMI yang ada Politeknik Negeri Batam pada hari Rabu, tanggal 9 Januari 2013.

Para tamu undangan yang sekitar 40 oarang ini diterima langsung oleh bapak Direktur, Wakil Direktur 1, Wakil Direktur 4, Sekretaris Direktur dan beberapa Kepala Jurusan yang ada di Polibatam. Bertempat di ruang rapat lantai 3 acara ini di gelar.

Bapak Priyono Eko Sanyoto dalam sambutannya ”Sangat senang mendapatkan kunjungan tamu dari Polije yang lebih senior dari Polibatam. Awal berdirinya Polibatam ini diawali karena kebutuhan akan tenaga terampil di pulau Batam sebagai tempat investasi industri-industri manufaktur yang kebanyakan berasal dari Jepang. Data tersebut berasal dilakukan survey  dari Bank Dunia sekitar tahun 1998-1999. Maka Otorita Batam sekarang BP Batam bekerja sama dengan Pemko Batam, ITB, UNRI, untuk mewujudkan pendirian kampus ini. Awal berdiri kita hanya tiga program studi saja; Akuntansi, Teknik Elektronika dan Teknk Informatika”

“Adapun pembentukan kurikulum, tentu saja kita diskusikan dengan perusahaan-perusahaan yang nantinya sebagai pengguna lulusan kita. Sekarang di Batam perkembangan investasi sangat banyak di bidang perkapalan, industri oil & gas, maka kita membuka juga program studi teknik mesin. Dan saat ini batam ada perusahaan film animasi dan film yang sudah bertaraf internasional, untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil tersebut kita membuka jurusan teknik multimedia dan jaringan”, tutur Pak Eko.

Dalam kesempatan ini rombongan dari Polije di pimpin langsung oleh Pembantu Direktur 3 bapak Djoko Sanyoto, menyampaikan bahwa “Terima kasih dari pihak Polibatam telah menerima kedatangan kami, kunjungan ini kami membawa koordinator dari 4 akademi komunitas yang kami bina dalam pembentukannya. Akademi komunitas itu akademi komunitas Situbondo, Sidoarjo, Nganjuk dan Temanggung. Kami diberi tanggung jawab untuk membina dan mengawasi pembentukan akademi komunitas tersebut.”

Terkait dengan Renstra, OTK dan SPM dijelaskan oleh bapak Muslim, selaku Pembantu Direktur 4. bapak Muslim menjelaskan tentang Renstra Polibatam yang baru dalam taraf penyusunan, pengumpulan data atau informasi dari berbagai pihak, namun kita akan menjelaskan tentang Renstra yang telah kita susulan dulu, nanti juga dilihat sebagai bahan referensi.

Setelah acara diskusi maka acar dilanjutkan dengan tukar menukar cindera mata dan sesi kunjungan ke fasiltas kampus Polibatam.

Semoga dengan adanya acara studi banding ini akan terbina hubungan yang baik dan saling bertukan pikiran tentang masalah pendidikan demi kemajuan pendidikan Indonesia.

No comments: