Monday, January 28, 2013

Inkubator Wirausaha Mahasiswa Polibatam Mendapat Kunjungan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI

Inkubator Wirausaha Mahasiswa Polibatam Mendapat Kunjungan
dari Kementerian Koperasi dan UKM RI



Menindaklanjuti program inkubator dari Kemenkop dan UKM yang telah melakukan kunjungan sebelumnya, kali ini kembali dilakukan dilakukan visitasi dan verifikasi data terkait dengan program inkubator kewirausahaan tahun 2013 yang ada di Politeknik Negeri Batam pada hari Rabu, 23 Januari 2013. Inkubator bisnis merupakan lembaga yang memberikan suatu program yang dirancang untuk membina dan mempercepat keberhasilan dalam hal itu keberhasilan mencetak wirausahawan baru.

Di ruang rapat lantai 3 Politeknik Negeri Batam, tamu dari Kemenkop diterima olah Ibu Ely, Ibu Sinta, Ibu Chici, bapak Rahmat dan Pudir 4 bapak Muslim Ansori. Bapak Muslim menyampaikan bahwa” Politeknik Negeri Batam sangat berterima kasih atas kunjungan ini semoga pada tahun ini kami mendapatkan bantuan inkubator ini untuk pembinaan kepada UKM baik mahasiswa maupun UKM yang dari luar yang telah kami bina. Sebelum kami pindah di gedung baru pada tahun 2006, kami juga telah membina UKM-UKM yang ada di Batam.

Kali ini yang berkunjung untuk verifikasi data adalah Kepala Deputi bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Ibu Sutrisminingsih Mardiyono, beliau menyampaikan bahwa “kunjungan ini dalam rangka tindak lanjut kunjungan yang dilakukan oleh staffnya. Kali ini lebih ke verifikasi data baik terkait dengan surat keputusan (SK) dan melihat langsung tempat dan usaha yang dilakukan oleh para anggota inkubator ini”.

Ibu Sinta sebagai ketua Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), juga menyampaikan “selama ini kegiatan inkubator bisnis ini modalnya berasal dari kampus dan Dikti. Dan tahun ini sudah tahun ketiga. Selain UKM yang berasal dari mahasiwa juga berasal dari UKM yang berada di luar kampus. Proses pembentukannya dimulai dari sosialisasi, seminar, kompetisi proposal bisnis plan, pembinaan dan monev, pelatihan oleh para pengusaha dan kujungan ke industri serupa/magang, pelatihan pembuatan laporan keuangan, hingga penyusunan laporan kegiatan dari awal hingga akhir periode. Tahun ini akan ada program technopreneurshipnya bagi para calon wirausaha”.

Setelah melakukan verfikasi data ibu Ning juga turut langsung melakukan kunjungan ke beberapa kegiatan bisnis yang berada di lokasi dalam kampus, diantaranya adalah usaha persewaan tenant, usaha kantin dan roti ceriwis, dan teaching factory yang akan beroperasi di tahun ini.

Program ini salah satu cara merubah paradigma sarjana itu sendiri dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Untuk itu, Kemenkop dan UKM mempunyai program wirausaha bagi para mahasiswa bekerja sama dengan kampus-kampus di Indonesia. Dalam kaitan itu, maka tahun ini program inkubator bisnis dan teknologi di perguruan tinggi dilanjutkan kembali. Semoga program yang bagus ini Politeknik Negeri Batam akan mendapatkannya tahun ini.

No comments: