Monday, January 4, 2010

FOTOGRAFI KREATIF

FOTOGRAFI KREATIF

I. Tujuan Praktikum
II. Dasar Teori
Fotografi Kreatif (Digital Vari-Program)
Selain program auto, D80 juga menawarkan enam mode digital vari-program lainnya. Program yang dipilih akan secara otomatis mengoptimalkan setting yang dipilih.

Untuk mengambil gambar menggunakan program: putar mode dial ke program yang diinginkan, arahkan gambar, fokuskan dan ambil gambar.
Area Fokus:
• Untuk program Portrait, Landscape, Night Landscape dan night portrait, kamera akan memilih focus secara otomatis.
• Untuk program Close Up, kamera akan focus pada objek ditengah area focus. Fokus yang lain dapat dipilih menggunakan multi selector.
• Untuk program Sport, kamera akan focus secara kontinyu saat tombol shutter ditekan setengah penuh, melacak subjek ditengah area focus. Jika subjek meninggalkan center area focus, maka kamera akan terus mencari focus dari area focus lainnya.

1. Portrait: mode ini digunakan untuk memfoto objek dengan format portrait, dimana objek ditonjolkan dengan jelas (dominan), sedangkan detail latar belakang dibuat agar tampak kabur (blur).
2. Landscape: mode ini digunakan untuk membuat transisi bagian-bagian gambar dengan garis yang nyata dan warna yang kontras.
3. Close up: mode ini digunakan untuk pengambilan gambar dari jarak dekat, untuk menonjolkan detail subjek foto. Pada mode ini kamera akan menggunakan focus pusat , meski kemudian focus dapat diubah-ubah. Untuk mencegah objek kabur akibat hand shake, gunakan tripod dan self-timer.
4. Sports: Dengan kecepatan shutter yang tinggi pada mode sport dapat membekukan gerak dari sebuah objek yang sedang bergerak.
5. Night Landscape: shutter speed yang lambat dapat digunakan untuk menghasilkan landscape malam yang tenang. Built-in flash dan AF-assist illuminator akan dinon aktifkan. Disarankan untuk menggunakan tripod agar gambar tidak blur.
6. Night portrait: digunakan untuk keseimbangan antara latar belakang dan subjek pada kondisi dengan pencahayaan yang kurang.

No comments: